Kekuatan dakwah


Kekuatan Dakwah
Oleh: Agung Permana
Divisi Syiar
Ilmu Pemerintahan 2018

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dakwah merupakan keistimewaan yang hanya Allah berikan kepada Umat Rasullah, umat sebelumnya tidak pernah mendapat kehormatan ini. Karena dakwah adalah tugas para utusan yang mulia. 

Allah memuliakan mereka yang berdakwah dijalan-Nya, dengan perkataan mereka orang-orang mengenali Allah sebagai satu-satunya Tuhan, atas lisan/perbuatan mereka orang-orang dapat menyempurnakan ibadah nya, serta atas mereka pula kemungkaran dan kerusakan dapat dicegah.
Allah Ta`ala berfirman :
“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia,menyuruh kepada yang ma`ruf dan mencegah dari yang munkar , dan beriman kepada Allah”
(QS.Ali-Imron : 110).
Kita Beragama Islam Karena Apa ?
Karena Keturunan orang tua? , Karena Pilihan Kita Sendiri ? Atau Karena Nasib? Apapun jawabannya, cikal bakal Islam bisa meluas berawal karena dakwah yang dilakukan oleh Rasullullah dan para sahabat-sahabatnya. Tapi kini mereka semua sudah lama meninggalkan kita lebih dulu. Lalu kepada siapa diamanahkan dakwah ini ? Kepada Kita Umat Rasullullah.
Lah?? ya.
Setelah sepeninggalan Rasullullah dan para sahabatnya, tugas dakwah ini berada di punggung seluruh umatnya. Dakwah bukan lah hanya tugas para ulama,ustadz,kiyai, maupun tokoh masyarakat, tapi ini tugas kita semua. Dakwah bukanlah suatu profesi, tapi apapun profesi kita tetaplah pada jalan dakwah.
Lalu, Bagaimana cara berdakwah?
Apa yang akan kita dapatkan dari berdakwah?
Dan seberapa penting dakwah bagi kehidupan manusia?
“SHORTCUT”
Sebuah jalan pintas,kini dunia telah berubah dulu rasullulah dan para sahabatnya berdakwah dengan cara-cara terbaik, kemasan terbaik pada masanya yakni perumpamaan retorika dan storytelling yang sangat memukau di pasar-pasar, masjid, sekitaran ka`bah atau di safiqah (tempat kumpul). Sekarang kita sudah ada shortcut (jalan pintas) nya yaitu SOSIAL MEDIA yang cakupan nya sangat luas.
Kita dapat menggunakan platfom media sosial untuk berdakwah melalui cara apapun dan dengan bentuk apapun sesuai kemampuan kita,hanya dengan beberapa sentuhan jari saja kita bisa menyampaikan pesan-pesan Islam dan juga materi dakwah kepada banyak orang.
Al-Qur`an dan As-Sunnah itu konten yang tidak perlu lagi dipertanyakan legalitas nya. Yang kita lakukan adalah bagaimana agar konten yang sempurna ini mendapatkan tempat sebanyak mungkin di objek dakwah, keindahan Islam di sampaikan dengan cara-cara yang menarik yang membuat banyak orang tertarik melihatnya, karena bahwasanya seseorang itu akan dipengaruhi oleh informasi yang sering ia lihat,dengar dan dapatkan.
Diantara keutamaan berdakwah dijalan Allah adalah mendapatkan pahala yang berkelanjutan, ketika kita mengajak orang lain untuk kebaikan, kemudian ia mengamalkannya maka kita akan mendapatkan pahala sama seperti pahala mereka. Pahala-pahala ini akan terus mengikuti kita tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun, sebagaimana sabda Rasullullah :
“Barangsiapa yang menyeru kepada sebuah petunjuk maka baginya pahala seperti pahala-pahala orang-orang yang mengikutinya,hal ini tidak mengurangi akan pahala-pahala mereka sedikitpun dan barangsiapa yang menyeru kepada sebuah kesesatan maka atasnya dosa seperti dosa-dosa yang mengikutinya,hal tersebut tidak mengurangi dari dosa-dosa mereka sedikit pun”
( HR.Muslim)
LUAR BIASA BUKAN?
Inilah pahala Para Pengemban Dakwah Islam
“Jom lah kita mulai mencoba berdakwah dengan cara yg kita bisa,yang penting dan terpenting adalah NIAT nya kalau niat nya hanya untuk cari popularitas atau followers dan sebagainya maka itu yg akan kita dapatkan. Dan begitupun sebaliknya”

Wallahu’alam Bishowab
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEPSEN PAMIT : Kesan Pesan Demisioner LSMI Almadani 2019

Mereka yang Berhijrah tanpa Menyentuh Bangku Pesantren